MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID DALAM BENTUK MEDIA INTERAKTIF KUIS MENGGUNAKAN FOUR-D MODELS

Authors

  • maulana fadlan STMIK IKMI Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32627/internal.v7i1.881

Keywords:

Mobile learning, Four-D Models, quiz, android, media interaktif kuis

Abstract

Penggunaan media intaraktif kuis mobile learning berbasis android dipilih karena keberadaan smartphone di kalangan peserta didik sangatlah berdampingan dan dibutuhkan, sehingga menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan ahli materi dan ahli media pada aplikasi mobile learning berbasis android. Mobile learning dianggap sebagai suplemen untuk tradisional E-Learning dimana mobilitas adalah nilai tambah bagi para peserta didik. Sebuah aplikasi quiz yang memiliki unsur mobile learning yang ada dalam smartphone tentu dapat memberikan hiburan yang menarik kepada pengguna, serta dapat memberikan media pembelajaran yang interaktif untuk menambah wawasan tentang ilmu pengetahuan. Dengan adanya aplikasi quiz ini secara tidak langsung akan menorong siswa-siswa untuk belajar secara mandiri, dengan metode ini bisa dimanfaatkan orang tua atau wali sebagai salah satu komponen penilaian ingatan siswa dan secara tidak langsung akan memperudah siswa-siswa dalam memahami berbagai objek yang di sajikan. Metode penelitinya berupa metode penelitian dan pengembangan dengan desain penelitian 4D (Four-D Models) yang terbatas pada define, design, dan develop. Tahapan pertama yakni define yang bertujuan untuk menetapkan dan menjabarkan syarat-syarat dalam pembelajaran yang terdiri dari lima langkah pokok. Tahapan kedua yakni design atau perancangan. Tahap perancangan ini dilakukan dengan tujuan untuk merancang aplikasi mobile learning yang dikembangkan. Tahapan ketiga yakni develop atau pengembangan dilakukan dengan tujuan supaya menghasilkan produk berupa aplikasi mobile learning. Hasil validasi materi aplikasi mobile learning berbasis android memiliki tingkat validitas sebesar 95% dengan kriteria sangat layak, sedangkan tingkat kelayakan untuk media pembelajarannya sebesar 87%. dengan kriteria sangat layak. Sehingga dapat diambil kesimpulan penggunaan aplikasi mobile learning berbasis android ini valid, praktis dan layak digunakan pada mata pelajaran di sekolah. Aplikasi mobile learning dinilai “sangat baik” dalam pembelajaran karena pengembangan yang dilakukan dapat meningkatkan minat siswa dalam proses pembelajaran

References

U. D. Royani, “Media pembelajaran smart quiz berbasis android menggunakan metode congruential generator,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 07, pp. 419–428, 2022.

T. Rahardjo, N. Degeng, and Y. Soepriyanto, “Pengembangan Multimedia Interaktif Mobile Learning Berbasis Anrdroid Aksara Jawa Kelas X Smk Negeri 5 Malang,” J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 2, no. 3, pp. 195–202, 2019.

A. Muhson, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI,” J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. VIII, no. 2, 2010.

Y. P. Wiratsiwi, Wendri, “EFEKTIFITAS MEDIA INTERAKTIF BERBASIS QUIZ MAKER DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DI SDIT MUMTAZUL QUR’AN TAMBAKBOYO TUBAN,” J. Muassis Pendidik. Dasar, vol. x, pp. 162–169, 2021.

S. Kurniasih, D. Darwan, and A. Muchyidin, “Menumbuhkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa Melalui Mobile Learning Berbasis Android,” J. Edukasi Mat. dan Sains, vol. 8, no. 2, p. 140, 2020.

R. Efendi, “Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Mobile Learning Bersistem Operasi Android,” Edunomic J. Pendidik. Ekon., vol. 9, no. 1, p. 82, 2021.

S. Suherdiyanto and A. Prihadi, “Kelayakan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android,” Sos. Horiz. J. Pendidik. Sos., vol. 9, no. 1, pp. 1–12, 2022.

S. Ningsih, “Persepsi Mahasiswa Terhadap Mobile Learning Berbasis Android,” Pedagogia, vol. 17, no. 1, p. 45, 2019.

L. P. Wanti and L. Sari, “Implementasi Metode Research and Development Pada Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia,” J. Infotekmesin, vol. 12, no. 1, pp. 9–15, 2021.

T. Muhammad and M. Taufiq, “RANCANG BANGUN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID UNTUK MEMUDAHKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR JARAK JAUH DI SMKN SUKARESIK Abstraksi,” J. Produktif, vol. 5, no. 1, pp. 385–396, 2021.

I. Aripin, “KONSEP DAN APLIKASI MOBILE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI,” J. Bio Educ., vol. 3, no. April, pp. 1–9, 2018.

A. Jinan and F. Ikorasaki, “RANCANG BANGUN APLIKASI RAMBU-RAMBU LALU LINTAS DALAM BENTUK POP QUIS BERBASIS ANDROID,” IT J., vol. 8, no. 2, pp. 184–198, 2020.

D. T. P. Yanto, “Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik,” J. Inov. Vokasional dan Teknol., vol. 19, no. 1, pp. 75–82, 2019.

Riduwan; Warsiman. (2018). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian / Riduwan ; editor, Warsiman. Bandung :: Alfabeta,

Downloads

Published

2024-07-14

How to Cite

fadlan, maulana. (2024). MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID DALAM BENTUK MEDIA INTERAKTIF KUIS MENGGUNAKAN FOUR-D MODELS . INTERNAL (Information System Journal), 7(1), 76–86. https://doi.org/10.32627/internal.v7i1.881

Issue

Section

Articles